Senin, 09 Juni 2014

Rahasia Manajemen Waktu

Salam Rahasia, terkadang saking banyaknya pekerjaan kita menjadi kewalahan dalam mengatur waktu, sehingga terkadang kita sulit untuk membagi waktu kita

Kali ini saya akan bagikan pengalaman teman sekamar saya yang sangat ulet, dia selalu melakukan berbagai cara untuk membiayai kuliahnya sendiri, untuk itu dia harus kerja sambil kuliah

saya sangat salut dengan cara dia mengatur waktu, meskipun kami dulu sama-sama kerja sambil kuliah, namun lebih banyak kegiatan yang dia lakukan dibanding saya, dia juga sangat aktif di organisasi
sambil kuliah saya bekerja sebagai guru privat di lembaga pendidikan, jadi saya cuma kerja di malam hari, 

sedangkan dia bekerja sebagai admin, dia mulai bekerja dari jam 04.00 sampai jam 09.00 malam
Pulang kerja dia langsung mengerjakan tugas kuliah, akhirnya karena kegigihannya dia bisa menjadi orang kedua yang tamat duluan di angkatan kami, sedangkan saya adalah orang ketiga yang tamat duluan

Saya selalu perhatikan rahasia dia mengatur waktu, ternyata rahasianya adalah dia membuat jadwal semua kegiatannya setiap hari di handphone nya, tidak satupun kegiatan yang tidak dicatatnya sampai jadwal dia beli lauk pun dicatatnya juga, jadwal itu lengkap dengan alarmnya

saya salut lihat dia mengatur waktu, selain di HP dia juga membuat jadwal kegiatannya di sticky note yang dia tempel di dinding kamarnya

saya pernah menanyakan kepada dia, saya bilang ” Bagaimana cara kamu mengatur waktu jika kita ada 5 pekerjaan yang harus dikerjakan dalam waktu 3 jam”

lalu dia menjawab ” Gini nico, kalau saya caranya masing masing pekerjaan kita berikan jatah waktu, misal pekerjaan 1 diberi waktu 30 menit, pekerjaan 2 diberi waktu 25 menit dan seterusnya, waktu kita atur sesuai dengan besar kerjanya.

setelah waktunya kita atur kemudian kita bikin alarm, jika alarm sudah berbunyi maka pekerjaan 1 kita tinggalkan, selesai atau tidak selesai kita lanjut ke pekerjaan ke 2, tujuan kita atur waktunya adalah supaya memacu diri kita agar setiap pekerjaan selesai pada waktu yang telah kita tentukan “

sangat luar biasa sekali cara dia mengatur waktu, makanya setiap orang yang berjanji mau ketemu dengan dia, dia tidak pernah terlambat, meskipun dia menemui orang itu cuma pake sepeda

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi anda, saya juga punya artikel tentang rahasia mengubah kebiasaan menunda, bagi anda yang belum membacanya anda bisa klik disini Rahasia Mengubah Kebiasaan Menunda

Salam Rahasia
Nico Manggala

1 komentar: